The 10-90 Rule!

Lakukan 90/10 Principle.

Hal ini akan mengubah hidup Anda (sedikitnya cara Anda bereaksi terhadap situasi-situasi) . Apa prinsip ini? 10% dari kehidupan terdiri dari apa yang terjadi kepada Anda. 90% dari kehidupan ditentukan oleh bagaimana Anda bereaksi.

Apa artinya?

Kita benar-benar tidak memiliki kendali atas 10% kehidupan dari apa yang terjadi kepada kita. Kita tidak bisa menghindari tabrakan mobil. Pesawat akan terlambat datang, mengacaukan jadwal semula kita. Seorang pengemudi mungkin menyalip kita.

Kita tidak memiliki kendali atas yang 10% ini. Yang 90% adalah sesuatu yang berbeda. Anda menentukan yang 90% ini. Bagaimana? ………. Dengan reaksi Anda.

Anda tidak bisa mengendalikan suatu lampu merah. Tetapi Anda dapat mengendalikan reaksi Anda. Jangan membiarkan orang-orang membodohi Anda; Anda dapat mengendalikan bagaimana Anda bereaksi.

Marilah kita gunakan satu contoh: Anda sedang sarapan dengan keluarga Anda. Putri Anda menumpahkan secangkir kopi ke kemeja kerja Anda. Anda tidak memiliki kendali terhadap apa yang baru terjadi.

Apa yang terjadi selanjutnya ditentukan oleh bagaimana Anda bereaksi. Anda mengutuk.

Anda dengan kasar memarahi putri Anda karena telah menumpahkan secangkir kopi. Hatinya hancur dan dia pun menangis. Setelah memarahinya, Anda berpaling kepada pasangan Anda dan menyalahkannya karena meletakkan cangkir terlalu dekat dengan tepi meja. Suatu pertengkaran (cekcok) kecil terjadi. Anda bergegas ke atas dan mengganti kemeja anda. Saat menuju ke lantai bawah, Anda mendapati putri Anda terlalu sibuk menangis sambil menyelesaikan sisa sarapan untuk bersiap-siap ke sekolah. Dia ketinggalan bis.

Pasangan Anda harus pergi secepatnya karena pekerjaan. Anda tergesa-gesa menuju ke mobil dan mengantar putri Anda ke sekolah. Karena Anda sudah terlambat, Anda mengemudikan kendaraan dengan kecepatan 40 mil per jam dimana batas kecepatan maksimum adalah 30 mil per jam.

Setelah telat 15 menit dan membayar uang tilang $60, Anda tiba di sekolah. Putri Anda berlari ke dalam sekolah tanpa mengucapkan goodbye. Saat tiba di kantor setelah 20 menit terlambat, Anda mendapati kalau tas kantor ketinggalan. Hari itu seolah tidak berpihak kepada Anda karena anda mengalami banyak masalah. Anda tidak sabar untuk pulang.

Ketika Anda tiba rumah, Anda menemukan ganjalan kecil dalam hubungan dengan pasangan dan putri Anda. Mengapa? ….Hanya karena bagaimana Anda bereaksi pagi tadi. Mengapa Anda mempunyai suatu hari yang buruk?

A) Apakah kopi penyebabnya?
B) Apakah putri Anda penyebabnya?
C) Apakahn polisi penyebabnya?
D) Apakah Anda penyebabnya?

Jawabannya adalah “D”.

Anda tidak punya kendali atas apa yang terjadi pada kopi. Bagaimana Anda bereaksi kepada selama 5 detik itulah yang menyebabkan hari buruk Anda.

Berikut adalah kemungkinan yang bisa dan harus terjadi. Kopi tumpah di atas kemeja Anda. Putri Anda akan menangis. Anda bisa dengan lemah-lembut berkata, “Tidak apa-apa sayang, kamu hanya perlu lebih hati-hati lain kali”. Berbegas ke atas dan mengambil handuk. Setelah mengganti kemeja baru dan tas kantor Anda, Anda kembali turun ke bawah tepat pada waktunya, melihat melalui jendela saat anak Anda naik ke bis. Dia berputar dan melambai. Anda tiba 5 menit lebih awal dan dengan gembira menyambut staf. Bos Anda berkomentar betapa baik hari yang Anda miliki.

Lihat perbedaannya?
Dua skenario yang berbeda. Keduanya yang dimulai dengan kondisi yang sama. Keduanya berakhir dengan hasil yang berbeda.
Mengapa?

Hanya karena bagaimana Anda bereaksi.
Anda benar-benar tidak mempunyai kendali atas 10% kejadian dalam hidup. Yang 90%nya ditentukan oleh bagaimana anda bereaksi.

Di sini adalah beberapa cara untuk menerapkan prinsip 90/10. Jika seseorang mengatakan hal negatif tentang Anda, jangan terpengaruh olehnya. Biarkan semuanya mengalir seperti air. Anda tidak harus membiarkan komentar yang negatif mempengaruhi Anda!

Bereaksilah dengan bijaksana dan itu tidak akan merusak hari Anda. Reaksi yang salah bisa mengakibatkan kehilangan seorang teman, dipecat, menjadi depresi dll. Bagaimana anda bereaksi jika seseorang menyalip anda? Apakah Anda kehilangan kesabaran? Memukul stir kemudi? Seorang teman saya sampai membuat setir kemudinya lepas. Apakah Anda akan mengutuk? Apakah tensi darah Anda akan naik? Apakah Anda mencoba menabrak mereka?

Siapa yang peduli jika anda tiba sepuluh lebih lambat di tempat kerja? Mengapa membiarkan mobil-mobil itu mengganggu perjalanan anda? Ingat 90/10 prinsip, dan jangan mengkhawatirkannya.
Anda diberitahu bahwa anda di PHK.
Mengapa susah tidur dan terganggu? Itu akan terjadi. Gunakan energi kekhawatiran Anda dan waktu yang ada untuk menemukan pekerjaan lain.

Pesawat telat; hal ini akan mengganggu jadwal Anda semula. Mengapa harus melampiaskan frustrasi kepada pramugari? Dia tidak bisa mengendalikan apa yang terjadi. Gunakan waktu Anda untuk belajar, berusaha lebih mengenal penumpang lain. Mengapa harus stres? Itu hanya akan memperburuk keadaan.

Sekarang anda telah memahami prinsip 90-10. Lakukanlah dan Anda akan kagum dengan hasilnya. Anda tidak akan kehilangan apa pun jika mencobanya. Prinsip 90-10 itu luar biasa. Sangat sedikit orang yang sudah mengetahui dan menerapkannya.

Hasilnya? Berjuta-juta orang-orang harus mengalami stres yang tidak seharusnya mereka terima, cobaan, masalah dan sakit kepala. Kita semua harus memahami dan menerapkan prinsip 90/10. Itu dapat mengubah hidup Anda!!!

-Kutipan dari berbagai sumber-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s