Tips Menjaga Kondisi LCD Ponsel

Ada satu pengalaman menarik yang mungkin bisa dibagi dari saya, kalau kita memiliki dan menggunakan ponsel. Karena kalau mau ponsel awet dan nyaman dipakai, bagi saya tidak dilihat dari kecanggihan fitur-fitur yang ditampilkan. Tetapi bagaimana caranya kita memahami dan merawat LCD ponsel yang kita miliki.

Karena kalau LCD nya byar pet atau buram, sama juga bohong ! Mending ponselnya dibuang saja deh. Karena apa yang mau dilihat dari layarnya coba ! Belum lagi kalau LCD nya sensitif banget, kena senggol sedikit….. aduh tamat deh riwayatnya. Makanya sebelum kejadian, ada beberapa saran dari saya agar LCD ponsel Anda bisa terawat dengan baik.

Pertama
Jika membeli ponsel baru dan bergaransi, sebaiknya jangan buru-buru mengikuti trend mengganti lampu layar ponsel Anda. Pengalaman yang pernah saya alami hal ini akan membuat anda kehilangan garansi dari tempat anda membeli ponsel. Jika proses pemasangan lampu LCD dilakukan kurang rapi dan baik dari tempat Anda servis, bisa jadi akan rugi berganda. Selain ponsel anda jadi bakal rusak, LCD-nya belum tentu akan seperti semula, kehilangan garansi pula !.

Kedua
Dari pengalaman, ponsel yang telah melewati masa dua tahun apalagi lebih akan mengalami penurunan kemampuan pada LCDnya. Jika memang telah mulai terjadi ‘katarak’ alias makin kaburnya layar LCD Anda, nggak ada salahnya untuk segera menghubungi service resmi dan segera ganti LCD ponsel Anda.

Ketiga
Sedapat mungkin, ponsel jangan terlalu sering terkena guncangan (kecuali pada tipe ponsel yang dirancang tahan goncang seperti pada merk tertentu), karena jika dibiarkan LCD akan mengalami kerusakan.

Keempat
Usahakan jangan sampai bagian LCD ponsel anda tertekan atau ditekan. Ini sangat penting. Jika sampai dalam kondisi tertekan, layar LCD akan mengeluarkan cairannya. Alhasil LCD ponsel Anda akan mengalami blank. Makanya sebelum kejadian, tidak ada salahnya untuk memberikan ponsel Anda `sarung pengaman` agar terhindar dari berbagai macam tekanan.

Kelima
Usahakan jangan sampai LCD ponsel Anda terkena cahaya matahari langsung maupun terkena panas atau terkena suhu terlalu dingin, karena dapat mengurangi kinerja dan kualitas kristal cair pada LCD tersebut. (LCD = Layar Kristal Cair)

Keenam
Jika Anda ingin mengganti casing, usahakan cari casing yang ukurannya pas benar dengan casing yang original. Jarak casing non original umumnya terlalu dekat dan cenderung menekan layar LCD ponsel. Jadi, perhatikan jarak casing depan dengan layar LCD anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s