Pilih-pilih Diamond Berkualitas

Anda mungkin sering mendengar ungkapan diamonds are a girl’s best friend. Ungkapan itu benar adanya. Perempuan manapun rasanya mengidam-idamkan diamond. Bagaimana tidak, kemilau dan bentuknya sangat cantik.

Jangan sekadar mengagumi, atau bahkan memilikinya. Anda juga perlu tahu seluk-beluk berlian. Dalam seminar ‘The Truth & The Myth about Diamond’ yang digelar di Da Vinci Tower beberapa waktu lalu, fakta tentang mineral cantik itu terkuak.

Sebenarnya berlian berasal dari karbon dalam suhu dan tekanan yang tinggi. Hal ini membuatnya mampu memancarkan cahaya yang bersinar cantik. Sangat pas bersanding dengan kecantikan seorang perempuan.

Ada 4 hal yang perlu diperhatikan saat memilih diamond.

Clarity
Keberadaan karakteristik dalam sebuah diamond.

Color
Kategori warna diamond menurut standar The Gemological Institute of America (GIA) adalah berawal dari D (tidak berwarna) hingga Z (kuning muda atau coklat). Kebanyakan diamond memiliki warna kekuningan hingga kecoklatan.

Carat
Berapa besar karat dalam diamond tersebut? 1 karat = 0,200 gram. Semakin besar ukurannya, semakin langka juga diamond tersebut. Harganya pun akan semakin tinggi.

Cut
Diamond dengan polesan terbaik biasanya memiliki tiga faktor. Cahaya cemerlang putih yang dipantulkan dari permukaan dan bagian dalam. Pantulan warna-warni. Juga Kilauan yang dapat Anda lihat ketika diamond tersebut berubah posisi.

Selain 4 C’s itu, Anda juga harus memperhatikan ketahanannya terhadap goresan, benturan, bahan kimia dan perubahan suhu, juga kerusakan karena perubahan suhu yang mendadak.

Diamond yang terbaik adalah flawless diamonds. Jenis ini tidak memiliki karakteristik. Namun sangat langka.

Ada berbagai jenis diamond cut. Brilliant Cut adalah gaya polesan yang membentuk sudut segitiga atau bentuk layangan pada permukaan dair bagian tengah ke bagian pinggang sebuah diamond. Step Cut adalah gaya polesan yang menghasilkan permukaan berbentuk memanjang, sejajar dengan pinggang pada kedua bagian. Juga Mixed Cut gaya polesan kombiasi antara Brilliant dan Step.

Now that you know the basics of diamonds, jangan salah pilih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s