Kepedasan, minum aer dinggin/panas?

Minum air dingin atau air hangat sebenarnya sama saja, rasa pedasnya itu gak hilang. Yang terjadi hanya pengaruh air hangat yang memperbesar pori2x lidah kita sehingga seolah2x lidah kita mati rasa.

Cara tercepat menghilangkan rasa pedas adalah dengan meminum susu.

Rasa pedas karena memakan cabai atau chili sauce disebabkan oleh suatu Zat yang disebut Kapsaisin.

Kapsaisin ini sulit larut dalam air, dan oleh sebab itu meminum air tidak dapat menghilangkan dengan cepat rasa pedas ini terutama bagi orang yang memiliki lidah sensitif.

Kapsaisin ini terletak didalam “Urat” putih nya cabai, tempat melekatnya biji dan bukan di biji itu sendiri. Makanya untuk mengurangi/menghilangkan rasa pedas maka bagian ini biasanya dibuang dan dicuci/direndam air.

 Walaupun seperti itu, Capsaisin juga memiliki efek candu dan akibatnya orang bisa ketagihan memakan cabai. Namun sifat candu disini bukan seperti marijuana atau morfin tetapi bersifat Stomakik yang artinya meningkatkan nafsu makan.

Kapsaisin juga bersifat antikoagulan, ini membantu mencegah pengentalan darah. Dan karena orang kepedasan biasanya minum air yang banyak maka hal ini juga bagus untuk mencegah pengentalan darah, kekekekke.

Senyawa aktif kapsaisin juga bisa digunakan untuk pengobatan luar, param kocok dibuat dari senyawa ini dan digunakan untuk mengurangi rasa pegal dan rematik.

Kasein susu dapat “mengentalkan” senyawa kapsaisin dan “menarik” mereka dari permukaan lidah sehingga membantu menghilangkan rasa pedas dimulut ketika sehabis memakan cabai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s