Dikritik? Nggak Masalah!

Kritikan sering kali membuat yang menerima menjadi putus asa, bahkan beberapa orang menganggap kritikan yang ditujukan padanya adalah sebuah hinaan. Namun bagaimana jika kritikan itu datang di lingkungan kerja, dan si pemberi kritikan adalah atasan Anda sendiri? bagaimana cara menerima kritikan tersebut?, Jika Anda mau tahu tips untuk menerima kritikan, Ini dia!

1. Hal yang pertama yang harus disadari adalah, terima bahwa diri Anda tidak sempurna dan memiliki kelemahan. Sehingga kelemahan itu bisa Anda pelajari dan perbaiki.

2. Jadikan kritikan tersebut cambuk untuk bekerja lebih baik dan biasakan untuk mengecek kembali kerjaan Anda agar meminimalisir kesalahan.

3. Dengarkan baik-baik kritikan itu dan jadikan masukkan bagi diri Anda. Jika Anda mengabaikan kritikan tersebut, kemungkinan besar kesalahan yang sama akan terulang lagi.

4. Ketika dikritik, yakinkan diri bahwa itu bukan karena atasan atau bos membenci atau tidak menyukai Anda. Hal tersebut semata-mata bertujuan agar hasil kerja dan produktivitas Anda lebih baik.

5. Jangan fokus pada rasa marah atau sakit hati. Lebih baik fokus pada pekerjaan agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

6. Jika kritikan yang diterima membuat Anda sakit hati, tidak ada salahnya untuk mengutarakan perasaan tersebut pada atasan. Sehingga atasan pun akan mengerti perasaan Anda, dan membuat hubungan atasan-bawahan menjadi lebih kuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s