Kunci Inovasi: Menjadi Pengamat

Kita semua perlu berinovasi agar tampil beda dari orang pada umumnya. Tetapi apakah yang menjadi kunci kepada inovasi? Jawabannya adalah menjadi pengamat. Dengan mengamati bagaimana cara kita dan orang lain melakukan sesuatu, kita akan menemukan cara dan kesempatan untuk mencapai perbaikan atau kemajuan.
Semakin kita mengamati, semakin banyak kesempatan yang akan kita temukan. Kemudian kita tentunya bisa mendapatkan solusi terhadap masalah yang kita hadapi. Dengan menjadi pengamat yang baik, kita akan mengenali masalah terlebih dulu sebelum orang lain dan hal ini tentunya menguntungkan bagi kita.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk berinovasi melalui pengamatan:

1. Selalu ‘membuka’ mata

Ada banyak hal yang kadang terlihat biasa namun ternyata memiliki berbagai kesempatan di baliknya. Jadi bukalah mata Anda lebar – lebar untuk mengamati hal – hal yang sepertinya biasa saja. Amatilah cara – cara Anda dan orang – orang melakukan rutinitas sehari – hari dan temukan detail – detail yang bisa menjadi kesempatan Anda untuk berinovoasi.

2. Amati masalah dan kesulitan – kesulitan

Apabila terjadi kesulitan, ini adalah tanda akan adanya masalah. Apakah customer menunggu terlalu lama untuk sesuatu? Apakah sulit untuk menyelesaikan suatu tugas? Apabila Anda mengamati adanya kesulitan, baik yang dialami sendiri maupun yang dialami orang lain, Anda akan dapat menemukan kesempatan untuk melakukan inovasi.

3. Amati adanya celah kemungkinan

Kadangkala kita sudah terbiasa melakukan hal dengan cara tertentu sehingga kita tidak melihatnya lagi sebagai suatu masalah. Dalam hal ini, tergantung kepada kemampuan imajinasi kita untuk menemukan kesempatan untuk adanya perbaikan atau kemajuan. Mungkin proses yang sudah ada sudah dapat dikatakan efisien, namun Anda mengetahui beberapa teknologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses lebih baik lagi. Perbedaan antara situasi sekarang dan situasi masa depan menciptakan adanya suatu celah untuk kemajuan

4. Ikuti perkembangan teknologi

Untuk membantu melalukan perbaikan, pastikan Anda mengikuti tren dalam teknologi. Dengan demikian Anda akan lebih mudah untuk menemukan celah yang memungkinkan untuk melakukan perbaikan.

5. Perhatikan kerja kompetitor anda

Anda dapat menemukan inovasi bukan hanya dengan mengamati seseorang bekerja, namun dengan mengamati bagaimana kompetitor anda bekerja. Apakah ada sesuatu yang dapat anda pelajari dari mereka? Jika ada, jangan tunda untuk segera melakukannya.

6. Amati orang yang berbeda di tempat berbeda

Untuk mendapatkan sudut pandang lain dari sebuah masalah, anda harus pergi ke tempat yang berbeda untuk mengamati orang lain melakukan sesuatu. Dengan mengamati orang dengan latar belakang yang berbeda pada situasi yang berbeda, anda akan melihat dimensi lain dari sebuah masalah.

7. Tangkap setiap ide

Untuk tetap mengingat semua ide anda, anda harus segera menuliskannya. Jika tidak ide tersebut akan pergi dan tidak pernah kembali. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang memadai kemanapun anda pergi.

8. Daftar semua masalah yang ada

Dengan memiliki satu tempat utama untuk mengumpulkan semua masalah yang ada, anda dapat dengan mudah membandingkan suatu masalah dengan yang lainnya.

9. Tinjau ulang daftar masalah anda

Setiap waktu, anda harus melakukan peninjauan ulang terhadap masalah anda dan melihat peluang yang ada. Setelah melihat daftar tersebut, anda dapat memilih satu atau dua masalah untuk dapat anda selesaikan.

10. Ambil tindakan

Akhirnya, anda dapat mengambil tindakan atas masalah yang anda pilih untuk anda selesaikan. Dengan menjadi pengamat yang baik, anda akan memiliki permulaan yang baik untuk menyelesaikan masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s