6 Cara Menciptakan Kesan Baik agar Sukses Dalam Hidup

Seringkali kita merasa malu saat bertemu dengan orang lain. Saat melakukan wawancara kerja misalnya, kita sering kali ragu apakah kita dapat memberikan kesan yang baik. Namun ada baiknya jika dalam hidup kita memiliki fokus untuk memberikan kesan yang baik dengan sedikit ketenangan.

Jadilah Manusiawi

Walaupun seseorang bukanlah seorang pemalu, pertemuan pertama seringkali akan berlangsung kaku. Hal yang penting untuk diingat disini adalah untuk mencoba tenang dalam situasi ini.
Bersikap tenang akan membantu diri anda kelihatan lebih percaya diri. Menjabat tangan orang lain dengan tegas juga merupakan bagian awal dari sebuah kesan baik.

Berpikirlah Selangkah ke Depan

Rencana perkenalan sekecil apapun akan membuat kesan pertama yang lebih baik. Ini juga dapat mengasosiasikan diri anda dengan suatu ide. Jika anda sedang dalam sebuah wawancara kerja, pastikan orang yang mewawancara anda berpikir bahwa anda adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut.
Buatlah daftar alasan mengapa anda merupakan calon terbaik untuk megisi lowongan tersebut, dan habiskan sedikit waktu mendiskusikan alasan – alasan tersebut. Sebagai contoh, apabila saya ingin menonjolkan salah satu keahlian, saya akan membicarakan proyek sebelumnya yang menggunakan keahlian tersebut.

Ciptakan Hubungan

Jika anda hendak bertemu seorang baru untuk pertama kalinya, cobalah pikirkan apakah ada hubungan antara orang yang akan anda temui dengan seseorang yang anda kenal. Apabila anda mengenal orang yang sama, anda secara otomatis akan memiliki topik pembicaraan yang sudah anda siapkan sebelumnya, yaitu mengenai koneksi anda seperti “sudah berapa lama anda mengenal Sarah?.”
Jika anda tidak dapat menemukan hubungan tersebut, mungkin anda dapat mencoba cara lain, seperti kesamaan dalam hobi atau olahraga.

Berpakaian yang Rapih

Alangkah baiknya apabila setiap kali bertemu orang, kita baru saja selesai mandi dan berpenampilan baik. Tetap ada saja kesempatan di mana anda bertemu dengan seseorang pada saat anda sedang mengenakan T-Shirt yang biasa anda kenakan saat santai. Namun sebaiknya anda meminimalisir peluang kejadian ini.

Follow Up

Kesan pertama yang baik tidak akan berarti apa-apa tanpa kesempatan untuk membuat kesan kedua yang baik. Semuanya terserah anda untuk terus berhubungan, apakah setelah anda menjalankan sebuah wawancara, atau bertemu seseorang secara informal.

Kesimpulan

Akhirnya, untuk membuat kesan yang baik lebih penting daripada membuat kesan yang terbaik. Sementara seorang mungkin mengingat kesan pertama yang baik setelah bertahun-tahun, ia juga mungkin akan mengingat kesan buruk yang ada. Bagaimanapun juga, kebanyakan orang tidak membicarakan orang baik hati yang mereka kenal di pesta minggu lalu, mereka selalu memulai percakapan dengan: “saya bertemu seorang yang sangat aneh minggu lalu.” Jadi berhati – hatilah agar kesan yang anda timbulkan tidak menjadi boomerang untuk anda.

source,

2 thoughts on “6 Cara Menciptakan Kesan Baik agar Sukses Dalam Hidup

  1. kaitokid724 says:

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/pengetahuan_umum/6_cara_menciptakan_kesan_baik_agar_sukses_dalam_hidup/

  2. Teng herry says:

    Bagus sekali.thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s