12 Trik Makan Sehat

1. Makan secara teratur. Selingi dengan kudapan Sehat seperti buah atau kacang-kacangan. Bila perut dibiarkan lapar lebih dari empat jam, kadar gula darah akan turun drastis dan membuat Anda cenderung makan lebih banyak.

2. Bila Anda ingin ngemil, pastikan itu karena Anda benar-benar lapar atau bosan, stres, atau sedang sedih. Tulis emosi Anda guna mengamati pengaruhnya terhadap pola makan.

3. Makan perlahan. Nikmati setiap rasa makanan. Cobalah nikmati setiap makanan setidaknya selama 20 menit. Ajak teman untuk makan bersama. Dengan begitu Anda tidak terburu-buru menyelesaikannya.

4. Sarapan menjadi kunci penurunan berat badan. Sarapan meningkatkan metabolisme dan menjaga kadar energi Anda. Ganti kopi dan muffin dengan sereal, susu rendah lemak, atau sepotong buah.

5. Cari tempat makan yang menyenangkan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan di lingkungan yang tidak menyenangkan, seperti di depan televisi, bakal lebih mudah mengalami kelebihan berat badan.

6. Jadilah ratu label! Sebelum makanan atau minuman yang Anda beli masuk ke keranjang belanja, cek dulu kandungan lemak jenuh, garam, dan gulanya. Termasuk juga jumlah kalori dalam setiap porsinya.

7. Bila Anda hendak makan malam di luar, pastikan perut tidak terlalu kosong. Perut kosong cenderung membuat Anda makan lebih banyak. Sebelum pergi, cobalah konsumsi yoghurt atau buah.

8. Apakah Anda makan saat sedang stres? Lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian dari makanan, misalnya membereskan lemari pakaian, melakukan pijat, atau yoga.

9. Cari cara lain untuk memberi hadiah pada tubuh Anda tanpa melibatkan makanan. Anda bisa membaca novel, melakukan creambath, facial, nonton film (tanpa makan popcorn dengan lapisan mentega pastinya), membeli bunga dan merangkainya, atau berenang.

10. Bereskan lemari di dapur. Semakin banyak camilan siap santap yang tersimpan, semakin tinggi pula kemungkinan Anda makan berlebih. Batasi kudapan di dapur dan ganti dengan camilan segar yang menyehatkan.

11. Jangan melaparkan diri! Diet sangat ketat menyebabkan tubuh memompa hormon stres. Cobalah mendengarkan kebutuhan tubuh agar Anda bisa lebih baik mengatur asupan makanan.

12. Tidak mengelompokkan makanan sebagai “baik” dan “buruk”. Hal itu justru akan membuat Anda tergoda untuk melahapnya

Source,

One thought on “12 Trik Makan Sehat

  1. vi3n says:

    Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s